3

Cuci Piringmu Sendiri…

Putrabs 26 Maret 2012 Spesial

Menumbuhkan tanggung jawab pada diri anak dapat melalui berbagai cara. Dalam proses belajar, tanggung jawab ditumbuhkan dengan berdasarkan pemahaman anak terhadap nilai-nilai kepatutan, kehormatan, kemandirian, dan ketulusan. Sehingga ketika seorang anak diminta untuk melakukan atau melaksanakan sesuatu sebagai konsekuensi dari perbuatannya, maka dia akan melakukan dengan sikap ksatria.

Dalam praktik sederhana, merujuk pada nasihat seorang bijak yang pernah diusulkan oleh Martin Luther King menjadi kandidat peraih hadiah nobel, Thich Nhat Hah, bentuk tanggung jawab dapat ditumbuhkan mulai dari keseharian di rumah: cuci piringmu sendiri. Seseorang mungkin telah menyediakan piring itu untuk kita, namun kita sendiri yang menggunakannya. Kita perlu memunculkan kesadaran bahwa piring yang awalnya bersih menjadi kotor karena kita gunakan, maka sudah sepantasnya kita membersihkan piring tersebut. Jangan melimpahkan konsekuensi tindakan kita kepada pihak lain, itulah prinsipnya. Dengan kesadaran yang sama dalam lingkup yang lebih besar, kita juga bisa menyadari bahwa bumi telah menyediakan banyak hal yang bisa kita nikmati, konsekuensinya: jaga dan rawatlah.

Comments (3)

 

  1. art siwi mengatakan:

    seandainya saja semua orang memiliki rasa tanggung jawab yang baik ( minimal ) terhadap dirinya sendiri, mungkin negara ini akan berkembang pesat.
    karena apa, orang sudah terbiasa terdidik untuk disiplin dan bertanggung jawab tidak akan mudah tergoda untuk berbuat yang negatif apalagi maksiat.
    namun sayangnya, sekarang ini banyak orang yang lebih suka mencari sesuatu yang instan, sehingga ya apa boleh dikata… banyak ketidaknyamanan yang tercipta disana – sini.
    ngga’ mustahil jg kan apabila 10 atau 20 tahun ke depan banyak orang akan lebih suka sak penak’e udel’e dewe, acuh terhadap lingkungan sekitar, dan tidak peduli dengan sesamanya.
    maka secara pribadi saya setuju apabila anak didik kita mulai dikenalkan sikap disiplin, rasa tanggung jawab, dan rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesamanya.
    sekolah tidak hanya dituntut untuk mencetak pribadi yang cerdas IQ nya saja, namun juga cerdas dalam segal hal, minimal berbudi pekerti yang luhur, beriman, santun dan ramah terhadap sekitar.
    selamat berjuang SD PUTRA BANGSA, semoga siswa – siswi anda menjadi pribadi yang handal.
    semangat !!!

  2. Putrabs mengatakan:

    Setuju, Bu Siwi. Terima kasih untuk apresiasi yang diberikan, sungguh membuat kami berenergi untuk terus mempertahankan nilai-nilai yang akan terus kami tumbuhkan di dalam diri anak-anak kami.

  3. art siwi mengatakan:

    OK !!!
    selamat berjuang dan semoga kebaikan yang BAPAK – IBU GURU tanam berbuah kebahagiaan.
    semangat yach !!!
    demi anak didik tercinta dan demi masa depan yang lebih cemerlang
    he..he..he..

Tinggalkan Pesan